Panduan Praktis Mencari Lowongan Kerja S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Tuesday, December 24, 2019



Banyak orang beranggapan bahwa saat ini mencari pekerjaan semakin sulit. Sebenarnya anggapan tersebut tak selalu benar jika kamu punya kemampuan memadai, apalagi jika kamu lulusan pendidikan bahasa Inggris. Banyak lowongan kerja S1 pendidikan bahasa Inggris yang membuka kesempatan kerja bagimu. Namun, kamu harus tetap teliti memilih lowongan kerja S1 pendidikan bahasa Inggris yang potensial untuk perkembangan kariermu.

Seperti aku misalnya, pada saat aku masih dibangku SMA aku salah satu siswa beruntung yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti SNMPTN atau jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur undangan. Senang rasanya mendapatkan kesempatan yang tidak semua siswa bisa rasakan, sebab pada saat itu hanya 50% siswa yang berkesempatan mengikuti SNMPTN. Setengah persen dari mereka ialah yang mendapatkan peringkat tertinggi dari satu angkatan di kelas 12 SMA.


Saat itu sistem pilihannya yakni 3 Jurusan 2 Universitas. Aku memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu Universitas Negeri yang ada di Indonesia. Dan sisanya aku memilih jurusan Sastra Inggris dan Hukum di Universitas Negeri lainnya. And surprise aku bener-bener terkejut karena aku keterima di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, gimana rasanya? Wowww se excited itu pokonya karena merasa beruntung banget bisa masuk PTN diantara ribuan siswa yang ada di Indonesia. Terbayang langsung dibenakku kuliah 4 tahun sampai sarjana kerja bisa langsung jadi guru. Gurunya itu bukan guru yang mengajar disekolah biasa ya melainkan di Sekolah Internasional. Hem tapi takdir berkata lain kedua orangtua ku tidak mengizinkan ku kuliah disana, bukan karena jurusannya tapi karena lokasi kampus yang teramat jauh dari rumahku. Tapi selepas dari itu semua apakah kalian tau bahwa ada banyak banget loh lowongan kerja S1 Pendidikan Bahasa Inggris, yuk mari kita simak!

Sebaiknya kamu mengikuti beberapa panduan praktis berikut ini agar lekas mendapatkan lowongan kerja S1 pendidikan bahasa Inggris sesuai harapanmu:

Mengikuti Program Magang yang Difasilitasi Kampus


Universitas besar biasanya menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di tanah air untuk menyalurkan tenaga kerja. Program tersebut biasanya diawali dengan proses magang. Mahasiswa terpilih akan disalurkan ke perusahaan-perusahaan tersebut untuk melakukan aktivitas magang selama periode tertentu. Kalau kamu berkesempatan magang dan menunjukkan kinerja terbaik, peluang untuk lekas mendapatkan pekerjaan pun akan semakin besar.

Memanfaatkan Website Lowongan Kerja Semaksimal Mungkin












Saat ini, kamu bisa memanfaatkan website lowongan kerja untuk mencari lowongan kerja S1 pendidikan bahasa Inggris secara praktis. Hanya dengan menggunakan gadget atau laptop, kamu bisa mendapatkan informasi lowongan kerja secara cepat dan mengirimkan Curriculum Vitae (CV) secara online. Jika kamu melakukan proses pencarian kerja secara teratur setiap hari, niscaya kamu akan lekas mendapatkan lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuanmu.

Mencari Informasi Lowongan di Kampus dan Sekolah



Jika kamu berminat menjadi staf pengajar (guru atau dosen bahasa Inggris), berarti kamu wajib mencari informasi lowongan kerja S1 pendidikan bahasa Inggris di kampus dan sekolah-sekolah. Selain mencari informasi secara online, kamu juga bisa langsung mengunjungi sekolah atau kampus. Selanjutnya, siapkan CV untuk melamar lowongan pekerjaan tersebut. Saingan kandidat staf pengajar di kampus atau sekolah biasanya relatif sedikit sehingga kesempatan mendapatkan pekerjaan akan semakin besar.


Berburu Info di Media Sosial



Media sosial kini juga dimanfaatkan sebagai salah satu sarana untuk mengunggah informasi lowongan kerja. Jadi, sebaiknya kamu juga berusaha mencari info lowongan kerja melalui media sosial. Jangan ragu untuk follow akun-akun media sosial yang rutin memberikan info lowongan kerja up to date. Kamu juga wajib menggunakan hashtag yang tepat untuk mempermudah proses pencarian lowongan tersebut. Setiap hari selalu ada lowongan kerja baru yang berkaitan dengan lulusan pendidikan bahasa Inggris. Kamu harus memanfaatkan kesempatan semaksimal mungkin supaya lekas memperoleh pekerjaan.

Menanyakan Info Lowongan Kerja kepada Orang-Orang Terdekat



Orang-orang terdekat seperti keluarga, sahabat, dan kenalan bisa menjadi pembuka jalan bagimu untuk mendapatkan pekerjaan. Karena sering kali lowongan kerja di perusahaan tidak dipublikasikan secara umum, melainkan hanya diinformasikan melalui orang-orang di lingkup perusahaan tersebut. Tak ada salahnya bila kamu mencari info lowongan kerja dari orang-orang terdekat. Siapa tahu kamu segera mendapatkan info lowongan kerja yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu.


Mendapatkan Info Pekerjaan dari Marketplace Freelancer



Kamu tak harus memulai karier dengan menekuni pekerjaan tetap. Karena sekarang banyak lowongan kerja S1 pendidikan bahasa Inggris untuk para pekerja freelance. Kamu bisa menjadi penerjemah atau penulis freelance jika mendapatkan info lowongan kerja freelance melalui marketplace. Menjadi freelancer adalah salah satu terbaik untuk mengisi waktu senggang sebelum kamu mendapatkan pekerjaan tetap. Tak jarang para freelance betah menekuni pekerjaannya karena fleksibilitas waktu dan pendapatan yang terbilang besar.

Berpartisipasi dalam Ajang Job Fair



Ada satu cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan info lowongan pekerjaan, yaitu berpartisipasi dalam ajang job fair. Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan bila kamu mengunjungi job fair. Luangkan waktu untuk berkeliling sejenak demi melihat seluruh lowongan pekerjaan yang ada. Jangan lupa menyiapkan CV, data diri, portofolio (jika ada), dan kelengkapan lainnya saat menghadiri job fair. Karena proses seleksi calon karyawan di job fair berlangsung sangat cepat.

Jangan putus asa dulu bila belum mendapatkan info lowongan kerja S1 pendidikan bahasa Inggris yang sesuai dengan harapan dan kemampuanmu. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pekerjaan. Tingkatkan kemampuanmu untuk memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan yang potensial. https://www.cekaja.com/info/peluang-kerja-menjanjikan-buat-lulusan-sastra-inggris-kepoin-yuk/

30 comments

  1. Teman-teman saya banyak yang masuk UT ngambil bahasa Inggris juga. Kebanyakan sih penerjemahan. Tapi lulusan nya malah kerja di kantoran gitu, secara ambil Jon di job fair yang selalu ada di setiap daerah. Yah lumayan daripada nganggur ya.

    Intinya memang jangan pesimis. Kesempatan itu selalu ada selama kita terus berusaha dan berdoa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener banget sebenernya pekerjaan itu tidak selalu mengandalkan latar belakang. Buktinya juga sudah banyak ya kak kalau kuliah apa kerjanya apa, ada yang sama ada juga yang justru bertolak belakang.

      Setujuuu.. asal kita selalu optimis dan terus berfikir positif kalau kedepannya kita bakal sukses sisanya kita bertawakal kepadaNya

      Delete
  2. Saya malah selalu minder kalau dapat panggilan interview bahasa Inggris hahaha.
    memang bahasa Inggris itu penting juga ya.
    Berkali saya diajak mantan bos saya untuk ikut berkarir di kantornya, tapi mostly kudu berbahasa Inggris.

    Saya juga pernah interview, yang interview bule dong, keringat dingin deh, untung bulenya keceh, nanya pakai bahasa Indonesia hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gitu sih kak lebih ke sadar diri kalau kemampuan bahasa inggris ku ga jago-jago banget hehe. Tapi aku berfikirnya buat belajar juga kan mau maju jadi harus maksain diri buat berani mencoba hal-hal baru.

      Wih untung udah cakep pake bahasa indonesia lagi haha, tapi keren loh kak aku juga pengen banget challenging diri aku sendiri buat lebih berani lagi speak english didepan orang hehe. Ngomongnya yang lancar tapi bukan kaya sekarang masih inggris jaksel yang banyak sisipan bahasa indonesia wkwkwk

      Delete
  3. Setuju banget, zaman sekarang tuh kita cari kerja bisa dari rumah aja. Aku juga gitu soalnya, tau info loker dari sosmed dan kirim lamarannya pun via online. Praktis banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kan kita udah gaperlu repot-repot kaya orang dulu yang mesti bawa map coklat buat lanar kerja. Sekarang semua serba dipermudah jadi menurutku gaada alasan buat diri jadi kita wah asekkk wkwk

      Delete
  4. q termasuk orang yg selalu beli buku untuk memepersiapkan kegiatan aku kedaepannya misalnya waktu aku mau les computer dulu, aku beli buku excel n cara mahir menggunakan microsoft dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh juga nih jadi salah satu langkah mudah cari kerja, kita harus tekuni dulu bidangnya ya kak. Keren-keren..

      Delete
  5. Daku kalau cari kerja lewat jalur job fair malah belum pernah tembus. Soalnya pernah waktu pertama kali dateng aja, udah migrain duluan lihat penuh nya dengan orang banyak, jadilah langsung pulang aja. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Job fair emang parah si ramenya, tapi tenang kak selain itu masih banyak cara lain ko. Jadi harus semangat terus buat diri sendiri mah yakhann

      Delete
  6. Nyari pekerjaan setelah lulus kuliah emang susah-susah gampang ya.. tapi tidak boleh menyerah , dimana ada usaha dan do'a pasti ada saja jalan rezekinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gitu deh kak, perjalanan kalo gampang-gampang aja kaya gaada tantangannya. Disitu kita justru di uji seberapa kuat kita menghadapi semua tantangannya:)

      Delete
  7. Wah, berguna banget nih mbak. Kebetulan orang-orang terdekatku juga lagi kebingungan cari kerja nih mbak. Thank you for sharing🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampein salam semangat terus dari aku ya kak❤️

      Delete
  8. Mencari pekerjaan melalui kenalan si udah yang paling terjangkau menurutku hehe. Jobfair merupakan salah satu alternatif yang juga bisa dilakukan. Tapi kalau info job dari jobfair biasanya kebanyakan sales/marketing ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak bener, jadi kaya orang bawaan gitu ya kalau kita kerja karena dapet dari orang yang ini. Itu dia kenapa penting banget punya banyak relasi. Jobfair ada banyak macem jenis peluang kerja nya ko kak, kalau untuk sales atau marketingnya bisa banyak karena itu semua bisa jadi jembatan untuk menuju profesi yang lebih kak

      Delete
  9. Semangat buat yg lagi cari kerja! 💪 Jgn patah semangat, tetep berusaha sambil berdoa agar langkahnya selalu dimudahkan, dan segera dapat pekerjaan sesuai dgn yg diinginkan..

    ReplyDelete
  10. Kebetulan banget suamiku juga lagi pengin nyari tempat kerja yang baru nih kak, biasanya suamiku nyari dari situs tertentu, tapi belum pernah nyoba di Marketplace Freelancer. Nanti aku suruh coba deh, siapa tau ada rejekinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya silahkan banget kak dicoba, insyaallah kalo rezeki pasti jadi milik hihi

      Delete
  11. Saya salah satu S1 Pendidikan Bahasa Inggris lho, dulu sih waktu baru lulus berburu pekerjaan juga lewat web pencari kerja lho, semacam jobstreet gitu, sampe pernah lho nekad ke Jkt demi memenuhi panggilan interview, ceritanya biar ada pengalaman jg sekalian cari pengalaman hidup disana. Tapi wal hasil balik lagi dan Alhamdulillah nemu job dari info loker di koran.
    Kalau mau berusaha pasti ada jalan koq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuuuuu, keren banget sih kak sarjana yang harusnya aku juga jadi sarjana itu. Hehe tapi sekarang udah lebih bersyukur apa yang dikasih karena akupun masih bisa kuliah. Asal kita semangat dan optimis semua jalan pasti dipermudah ya Insyaallah

      Delete
  12. Semakin banyak cara untuk menemukan pekerjaan yang cocok, ya, Mba, walaupun memang persaingan untuk memperolehnya juga jadi semakin ketat karena akses bisa dibilang juga lebih terbuka (setidaknya dalam hal kecepatan memperoleh informasi).

    ReplyDelete
  13. Untuk melalui job fair jarang banget aku, tapi seringnya yg melalui situs online,yg paling penting harusnya minta sama Allah sih

    ReplyDelete
  14. wah berguna banget nih mba, aku juga setuju kalau zaman sekarang kita udah bisa cari kerjaan di rumah aja. Pokoknya dipermudah banget deh

    ReplyDelete
  15. Yes website lowongan kerja bisa dimanfaatkan dengan baik. Jangan lupa juga untuk menyusun daftar riwayat hidup yang menarik ya, biar bagian kepegawaian bisa langsung kepincut

    ReplyDelete
  16. Ngomong - ngomong masalah mencari pekerjaan, jadi ingat dulu kalo nyari kerja datengin ke satu tempat ke tempat lain. Belum tahu ada event job fair kayak gini. hihi

    ReplyDelete
  17. Memang.. gak satu jalan menuju Roma, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan. Yang penting mah ada usaha

    ReplyDelete
  18. Banyak juga tipsnya, jadi bisa menjadi semangat buat lulusan S1 untuk terus mencari kerja. Asal mau berusaha pasti ada hasilnya

    ReplyDelete
  19. Ternyata banyak cara ya mba, apalagi dengan media sosial dengan mencari tagar terkait. Makin mempermudah ya mba. Aku ijin share ke temenku dong, dia lagi butuh tulisan ini pasti :)

    ReplyDelete