Kiat Ampuh Agar Gaji Pekerjaan Lulusan Ilmu Politik Semakin Besar

Monday, December 30, 2019


Ilmu Politik adalah cabang ilmu sosial yang membahas teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisis sistem politik dan perilaku politik. Ilmu ini berorientasi akademis, teori, dan riset. lmu politik adalah sebuah jurusan yang tidak hanya mempelajari kehidupan politik saja, melainkan juga sosial, ekonomi, hingga agama dari berbagai perspektif. Kajian utama dari jurusan ini meliputi demokrasi, hak asasi manusia, serta etika sosial politik.

Jika kamu termasuk lulusan ilmu politik, kamu patut berbangga hati dan optimis. Karena prospek gaji pekerjaan lulusan ilmu politik terbilang potensial dan tak kalah dengan lulusan lainnya. Bahkan, peluang gaji pekerjaan lulusan ilmu politik yang besar bisa diperoleh sejak awal karier. Gaji besar dan karier mapan tentu termasuk salah satu life goal kamu kan?
Menariknya lagi, ternyata Ilmu Politik merupakan salah satu ilmu tertua di dunia yang mana beberapa gagasan dari ilmu ini telah diubah seiring perkembangan zaman. Sehingga, lulusan Ilmu Politik tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencari pekerjaan jurusan Ilmu Politik, karena ada banyak peluang yang bisa kamu manfaatkan. 

Jika kamu melakukan beberapa kiat ampuh berikut ini, niscaya gajimu sebagai lulusan ilmu politik akan semakin besar seiring dengan berjalannya waktu :

Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang S2



Pendidikan adalah salah satu kunci utama meningkatkan pendapatan. Jika kamu melanjutkan pendidikan S2 ke atau jenjang selanjutnya yang lebih tinggi, kemungkinan besar gajimu juga akan naik. Karena pendidikan tersebut membuat pengetahuanmu semakin luas dan memadai untuk menempati jabatan strategis. Jadi, kalau kamu memiliki bujet yang cukup untuk melanjutkan pendidikan, tak ada salahnya bila kamu langsung mewujudkan keinginan tersebut.

Menekuni Karier Sebagai Konsultan Politik


Jangan anggap remeh gaji pekerjaan lulusan politik yang berkarier sebagai konsultan. Kamu berkesempatan mendapatkan gaji besar bila menekuni bidang karier ini secara konsisten. Keberhasilan klien-klienmu menjadi bukti bahwa kamu adalah konsultan profesional. Lebih hebatnya lagi, kamu bisa menjalani pekerjaan sebagai konsultan politik sebagai sampingan di luar pekerjaan utama. Pundi-pundi rupiah pun akan bertambah kalau kamu menjalani profesi ini sambil terus memperkaya kemampuan analisis politik.

Memanfaatkan Peluang Menjadi Anggota Partai



Selain menekuni pekerjaan utama, kamu juga bisa memanfaatkan peluang menjadi anggota partai. Mulailah merintis karier di partai dari jenjang paling bawah. Jangan tunda niat untuk bergabung dengan partai politik. Sambil bergabung dan belajar banyak tentang politik, jangan lupa menjalin relasi dengan banyak orang di lingkungan terdekatmu. Jalinan relasi yang baik bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan popularitasmu sehingga kariermu di partai politik pun akan terus menanjak.

Menjalani Pekerjaan Sampingan Sebagai Peneliti Politik



Mungkin saat ini kamu tidak berkarier sesuai dengan latar belakang pendidikan politik. Namun, bukan berarti kariermu di bidang politik sudah selesai begitu saja. Kamu masih bisa menjalani pekerjaan sampingan sebagai peneliti politik. Terutama kalau kamu mahir melakukan analisis politik secara akurat dengan menggunakan sampel yang jumlahnya besar. Hasil penelitianmu bisa menjadi portofolio bermanfaat yang mendukung kariermu. Bahkan, partai politik dan lembaga survei politik tak akan ragu merekrutmu jika kamu memiliki potensi besar dan hasil penelitian yang memuaskan.

Berupaya Menjadi Anggota Legislatif



Menjadi anggota legislatif adalah salah satu dari sekian banyak cita-citaku loh. Dengan menggunakan seragam anggota legislatif rasanya seperti lebih berkharisma dan berwibawa ya gak si?. Selain itu bertanggung jawab penuh untuk kepentingan negara dan masyarakat termasuk hal yang istimewa dan keren banget menurutku. Tak ada kata mustahil bila kamu ingin menjadi anggota legislatif untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat. Terutama kalau kamu memiliki latar belakang pendidikan politik. Selain berpeluang mendapatkan gaji yang semakin besar, anggota legislatif juga berkesempatan menyuarakan hak-hak masyarakat. Dana operasional yang diperoleh dapat dialokasikan untuk kepentingan masyarakat. Karena kepercayaan masyarakat merupakan salah satu modal besar untuk melaju menjadi anggota legislatif pada tingkat yang lebih tinggi lagi.

Bekerja Sebagai Staf Badan Intelijen Negara


Satu pekerjaan lagi di bidang politik yang identik dengan gaji besar adalah staf badan intelijen negara. Sejak awal karier, kamu akan dilatih untuk berpikir kritis dan mengatur strategi politik dalam menangani berbagai urusan negara. Seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan dan pengalamanmu akan bertambah dan berbanding lurus dengan kenaikan gajimu. Itulah sebabnya karier sebagai staf badan intelijen negara menjadi salah satu yang paling diidamkan banyak orang.

Mengembangkan Sistem Analisis Politik yang Akurat


Tak banyak orang yang mampu mengembangkan sistem analisis politik secara akurat, sekalipun orang tersebut merupakan senior yang berkecimpung di bidang penelitian politik. Jika kamu punya passion di bidang politik, tak ada salahnya bila kamu menciptakan sistem analisis politik yang akurat. Salah satu sistem yang saat ini sangat dibutuhkan dan sudah berkembang pesat karena dukungan teknologi adalah metode quick count. Kalau kamu berhasil mengembangkan sistem serupa di bidang politik, peluang gaji bertambah besar pun ada di genggaman tanganmu.

Politik rupanya bukan sekadar passion tetapi juga bisa menjadi jalan untuk mendapatkan gaji besar. Gaji pekerjaan lulusan ilmu politik tak kalah dibandingkan bidang pekerjaan lainnya bila kamu menekuni profesimu secara konsisten dan senantiasa berkomitmen melakukan inovasi. https://www.cekaja.com/info/deretan-pekerjaan-jurusan-ilmu-politik-dengan-gaji-diatas-rp-3-juta/

22 comments

  1. Saat ini ilmu politik menjadi sorotan dan lulusannya juga bisa punya peluang untuk menjadi bagian atau berkontribusi untuk Negara ya, semoga semakin bermanfaat dan bisa dipercaya masyarakat menjadi pengamat politik yang menyuarakan hati rakyat. Sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak, karena selalu jadi sorotan dan menjadi kepercyaan masyarakat tanah air semoga politik-politik yang ada di Indonesia bisa semakin amanah. Aamiin..

      Delete
  2. Ah iya, sebagai konsultan. Bekerja sebagai konsultan kadang terlupakan ya. Apalagi sebagai cita-cita waktu kecil. Padahal melalui profesi tersebut bisa menjembatani suatu keilmuan agar lebih mudah dipahami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah setuju, karena bekerja itu tidak harus langsung yang ketingkat tinggi ya kak. Lewat apapun bisa dan justru itu dia yang jadi jembatan menuju profesi yang dituju.

      Delete
  3. Wah menarik ya jurusan ilmu politik ini. Dulu aku tuh kayaknya mandang sebelah mata jurusan ini haha ga tertarik untuk ambil kuliah ini walau dulu masih galau mau pilih kuliah jurusan apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gitu, pengen kerja jadi orang politik tapi kurang sama jurusan ilmu politiknya karena takut banyak menghafal pasal hahaha. Dan ternyata semenarik itu jurusan Ilmu Politik

      Delete
  4. Aku lulusan Ilmu Komunikasi, tapi fakultasnya Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Walhasil, gelarnya S. IP agak ga nyambung dengan jurusanku hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh iya ko bisa kak? Aku juga baru denger loh ko bisa rada ga nyambung gitu hehe

      Delete
  5. wah bagus juga prospek karir di dunia politik, mudah2an bisa amanah dan bertanggung jawab ya ke depannya para politisi. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. ini dia nih doa-doa yang selalu diungkapkan dan dipanjatkan dari para masyarakat tanah air

      Delete
  6. Waah nomor 4 kayaknya paling challenging yah Kak. Btw memang, apapun jursannya selalu punya jalan Karir tersendiri. Insya Allah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua prospek pekerjaan butuh tantangan sebenernya iya gak sih:( cuma ya itu pasti afa yang lebih menonjol

      Betul setuju banget, asal kita yakin dan selalu optimis insyaAllah gaada semuanya lancar hehe

      Delete
  7. Melanjutkan pendidikan emang salah satu kunci hidup sukses ya. Tapi pendidikan yang tinggi juga perlu dilengkapi dengan skill yang mumpuni supaya bisa bertahan di dunia kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak, apalagi jika kita tau kalau skill kita tuh misalnya "ini". Nah dari situ kita bisa tau dan terus asah skill kita biar semakin terlihat dan terpakai

      Delete
  8. wah menarik juga ya jurusan ilmu politik ini, semoga para politikus semakin amanah dan bisa dipercaya ya mba. Ga ada yang korupsi - korupsi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu. Yuk kita aamiin nin doa dari sejuta umat ini! AAMIIN

      Delete
  9. Aku dulu pengen banget ambil jurusan ilmu politik tapi gak dapat izin, dulu mikirnya pasti kerjanya cuma gitu-gitu aja dan ribet, tapi ternyata asik juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kak, tapi orang tua ku bukam ga setuju sih tapi kaya lebih kurang srek aja. Dan sekarang terbukti yaa kalau semua pekerjaan itu bisa dilakukan dengan senyaman dan se enjoy nya diri kita hehe

      Delete
  10. Nyaleg udah mbak. Dan sekarang aku tergiur sama badan inteligen negara. Keren ih. Semoga pas lulus nanti bisa beneran bisa masuk sana. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah beneran kak? Kok keren banget si😭 aamiin aamiin, ku bantu doa ya kak. Semoga tercapai dan amanah jika tercapai ya aamiin!

      Delete
  11. Wuih prospek karir jurusan politik luas juga ya. Gak cuma nyaleg doang ternyata hehe. Bahkan bs jadi peneliti. Dulu pengen banget bs masuk jurusan Ilmu Politik, tapi apa daya gak disetujuin ortu huhu. Sekarang udah makin lebar ya karir kedepannya.

    ReplyDelete
  12. Kesempatan karir dan juga gaji lulusan ilmu politik besar juga ya. Aku sih berharap orang-rang lulusan ilmu politik yang berkarir di pemerintahan adalah juga orang yang bersih dan cerdas, agar Indonesia bisa semakin baik.

    ReplyDelete