Penasaran Lulusan Sastra Inggris Kerja Apa? Yuk Simak Ulasannya!

Saturday, December 28, 2019


Kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu hal penting yang wajib dimiliki generasi muda. Bahkan, tak sedikit loh anak muda yang memilih jurusan sastra Inggris saat kuliah demi menambah pengetahuan tentang bahasa asing tersebut. Namun, hingga kini masih banyak yang bertanya-tanya lulusan sastra Inggris kerja apa. Padahal, pertanyaan lulusan sastra Inggris kerja apa benar-benar jadul. Karena saat ini banyak pekerjaan yang bisa dijalankan tanpa terpaku dengan latar belakang pendidikan.

Latar belakang pendidikan tidaklah menjadi sebuah patokan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Berbagai macam bukti telah menyatakan, bahwa kerjaan yang kita dapatkan sekarang ini tidak selalu sesuai dengan jurusan di kuliah. Bahkan ada juga loh mahasiswa yang mengambil jurusan pada awal perkuliahan melenceng dari masa SMA/SMK nya. Tapi jangan anggap remeh ya, karena banyak juga orang yang mengandalkan latar belakang ataupun jurusan untuk mendapatkan pekerjaan, nah menurutku biasanya mereka ini orang-orang yang sudah menemukan passion-nya, sehingga punya rasa percaya diri lebih tinggi. Jadi udah bukan jamannya banget kan kepikiran kalau kuliah di jurusan ini kerjanya apa ya? Kalau di jurusan itu kerjanya gimana ya? Duhh please deh buang jauh-jauh ya pikiran kaya gitu dari sekarang hihi.

Kalau kamu berencana kuliah di jurusan sastra Inggris dalam waktu dekat, kamu tak akan ragu lagi bila sudah tahu lulusan sastra Inggris kerja apa :

Penerjemah Bahasa Asing



Profesi yang satu ini memang erat banget kaitannya dengan jurusan sastra Inggris. Yes, kemampuan bahasa Inggrismu yang di atas rata-rata memang patut dimanfaatkan untuk bekerja sebagai penerjemah. Saat ini, hampir semua perusahaan besar dan startup membutuhkan jasa penerjemah. Kemampuan bahasa asingmu sangat dibutuhkan untuk mendukung interaksi dengan klien dan pelanggan, menerjemahkan promosi ke dalam bahasa Inggris, dan sejumlah urusan teknis lainnya.

Tour Guide


Tour guide adalah salah satu pekerjaan yang sedang ngetren di kalangan anak muda. Bermodalkan bahasa Inggris, kamu bisa keliling Indonesia bahkan keliling dunia. Tugasmu adalah mengawal dan mengarahkan para wisatawan ke destinasi wisata yang sedang disinggahi. Seorang tour guide harus punya pembawaan yang asyik dan menyenangkan supaya cepat akrab dengan para wisatawan. Saat kamu ditanya lulusan sastra Inggris kerja apa, jawab saja kamu ingin jadi tour guide supaya kekinian dan bisa jalan-jalan gratis keliling dunia.

News Anchor



Menjadi pembawa berita termasuk salah satu dalam list cita-citaku loh. Jika kamu jatuh cinta dengan dunia berita, kemungkinan besar kamu cocok menekuni pekerjaan sebagai news anchor. TV nasional kita butuh news anchor yang berwawasan luas, berpenampilan menarik, dan mahir berbahasa asing. Siapa tahu nanti kamu bisa menjadi news anchor yang khusus membawakan berita berbahasa Inggris. Pekerjaan ini akan membuatmu selalu tampil di TV dengan pembawaan rapih dan berkharisma, ini sebab alasannya kenapa aku pernah ingin menjadi pembawa berita. Karena wow dan memang sekeren itu.

Guru Bahasa Inggris


Passion mengajarmu masih bisa disalurkan kalau kamu kuliah di jurusan sastra Inggris. Selepas menyelesaikan kuliah, kamu bisa melamar pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris. Kemahiranmu dalam berbahasa Inggris pasti menjadi salah satu kelebihan yng membuka peluang kerja sebagai guru. Bukan hanya menjadi guru di sekolah biasa, kamu juga berkesempatan menjadi staf pengajar profesional di sekolah internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Staf Diplomatik di Instansi Pemerintah


Ternyata kamu tak harus punya latar belakang pendidikan di bidang hubungan internasional jika ingin bekerja sebagai staf diplomatik. Instansi pemerintah yang berhubungan dengan negara lain rupanya juga membutuhkan lulusan sastra Inggris. Menjadi staf diplomatik adalah salah satu jawaban tepat saat ditanya lulusan sastra Inggris kerja apa. Jika kamu potensial, maka kariermu akan lekas menanjak dan bisa saja kamu berkesempatan keliling dunia sebagai staf diplomatik.

Penulis


Jangan berkecil hati dengan passion menulis yang tak sempat berkembang di usia sekolah. Kamu masih punya kesempatan mengembangkan passion yang satu ini setelah menamatkan kuliah. Jurusan sastra Inggris sangat cocok untuk mendukung pengembangan passion menulismu. Karena mempelajari bahasa Inggris akan membuat perbendaharaan kata dan imajinasimu semakin baik. Bukan mustahil jika nanti kamu berhasil menciptakan karya tulis yang memukau dan fenomenal.

Editor


Bekerja sebagai editor juga masih ada hubungannya dengan passion menulis. Kalau kamu berhasil menamatkan pendidikan sastra Inggris, berarti kemampuan literasi berada di atas rata-rata, terutama untuk urusan bahasa Inggris. Itulah sebabnya kamu pantas bekerja menjadi editor yang bertugas merevisi hasil karya tulis orang lain. Seorang editor harus memiliki tingkat kepekaan dan ketelitian tinggi agar bisa menyunting karya tulis menjadi lebih baik lagi. Editor yang mampu berbahasa Inggris secara lancar tentu menjadi nilai tambah tersendiri yang belum tentu ada pada diri orang lain.

Jadi, jangan pesimis dulu menghadapi pertanyaan lulusan sastra Inggris kerja apa?. Faktanya, banyak peluang kerja potensial terbuka lebar bagi lulusan sastra Inggris. Kamu hanya perlu giat belajar dan terus optimis dengan apa yang kamu lakukan, demi menekuni pekerjaan yang membuka jenjang karier cemerlang. https://www.cekaja.com/info/peluang-kerja-menjanjikan-buat-lulusan-sastra-inggris-kepoin-yuk/

16 comments

  1. Lulus sastra Inggris lebih luas sih ya bidang kerjanya, yang jelas bisa berkesempatan lebih luas untuk go internasional.
    Mengapa coba saya dulu nggak ambil sastra Inggris saja, malah ambil Tehnik yang penuh hitung-hitungan hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget kak, sebenernya appapun jurusannya kalau kita serius dan terus optimis untuk dapat kerjaan yang baik InsyaAllah pasti dapet dan jadi milik..

      btw aku juga anak teknik loh huhu kita senasib:(

      Delete
  2. Saya dahulu juga mikirnya sastra inggris kerjanya apa ya, karena saya kerja di perusahaan Jepang, maka ambil bahasa dan satra Jepang. ternyata benar ya sastra inggris lebih bisa luas lagi networkingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang ga jarang sih orang yang berpikiran seperti itu. padahal udah bukan jamannya loh kak mikir gitu sekarang, asal kita punya skill dan ulet semuanya gaakan dipandang dari latar belakang

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Lulusan sastra Inggris pasti banyak peluangnya kak. Kalaupun nggak dapat peluang bisa create sendiri hehehe, contohnya ya jadi guru les tadi. Guru les private malah lebih menjanjikan donk.. Makasih sharingnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener hehe makasih juga kak udah setuju dan satu pemikiran kita.. yuk tos haha

      Delete
  5. Jadi memikirkan juga nih untuk anak kira2 ambil jurusan ini aja nantinya saat kuliah. Bagus juga karir kedepannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jurusan memang harus dipikirkan matang-matang, gaperlu terburu-buru untuk mengambil sebuah keputusan. so semangat kak!

      Delete
  6. Penerjemah tersumpah dan editor sih oke banget ya Mba, kerjanya bisa mobile dimana aja, selain itu kebutuhan akan tenaga ini cukup banyak.

    ReplyDelete
  7. Aku lulusan sastra jepang wkwk. Lebih susah lagi nyarinya. Tapi emang biasanya gak sesuai jurusan jadinya 🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh keren loh kak bisa kali ajarin dikit-dikit buat bekel kalo ke Jepang nanti nih hahaha aamiin aja dulu..

      Delete
  8. Beberapa teman yang lulusan sastra inggris dulu mengeluhkan kesulitan ambil pekerjaan seperti yang mba tuliskan pada akhirnya mereka dulu jadi kepala toko, call center hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu dulu ya kak, kalau sekarang gimana keadaan karirnya? mudah-mudahan lebih baik ya karena rejeki itu ga ketuker ko hehe

      Delete