10 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Sastra Inggris 2020, Manakah Favoritmu?

Wednesday, January 1, 2020


Sastra Inggris adalah Program Studi kuliah yang banyak digemari dan diminati oleh kalangan mahasiswa. Berkuliah di jurusan Sastra Inggris tidak jarang mengundang tanya soal karier. Padahal sekian banyak prospek dan peluang kerja justru berasal dari jurusan Sastra Inggris loh, karena hampir setiap perusahaan membutuhkan pekerja dengan skill bahasa asing yang baik. 

Lulusan dari semua jurusan kuliah sama-sama memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa mendatang, termasuk lulusan sastra Inggris. Selain 10 prospek dan peluang kerja lulusan sastra Inggris 2020 yang akan dibahas kali ini, masih banyak prospek besar lainnya yang cocok bagi lulusan sastra Inggris. Jika kamu belum punya gambaran mengenai bidang karier yang akan kamu jalani, ulasan tentang 10 prospek dan peluang kerja lulusan sastra Inggris 2020 bisa menjadi inspirasi yang bermanfaat.

Siapa tahu kamu setelah menyimak info tentang prospek dan peluang kerja lulusan sastra Inggris 2020 ini, kamu mulai menemukan passion yang sejalan dengan jurusan kuliahmu.

1. Penerjemah Bahasa Inggris




Siapa yang tidak mengenal layanan penerjemah Bahasa Inggris? Layanan penerjemah Bahasa Inggris kini sudah berbasis internet, ini merupakan penerjemah terbaik dan termudah yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya menyediakan opsi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, tapi juga hampir seluruh bahasa yang ada didunia.

Tetapi apa kalian tau bahwa menjadi seorang penerjemah Bahasa Inggris juga sangat diperlukan bagi perusahaan di zaman sekarang loh, terutama diperusahaan asing dan perusahaan yang sangat fenomenal saat ini yaitu Start Up. Nah pekerjaan ini tentu termasuk satu dari 10 prospek dan peluang kerja lulusan sastra Inggris 2020 di tanah air.

Jika kamu memiliki ketelitian yang tinggi, kamu sangat cocok menekuni pekerjaan sebagai penerjemah bahasa Inggris. Terlebih sekarang, hampir semua perusahaan membutuhkan jasa penerjemah untuk membuat konten, mengurus administrasi, dan hal-hal teknis lainnya. Apalagi bila ada perusahaan asing yang baru membuka cabang di Indonesia. Itulah sebabnya penerjemah Bahasa Inggris sangat dibutuhkan di tengah terbatasnya rata-rata kemampuan berbahasa Inggris masyarakat tanah air.

2. Penulis


Menulis adalah kegiatan membuat huruf, angka, menggunakan alat tulis di suatu sarana atau media penulisan. Mengungkapkan ide, pikiran, perasaan, melalui kegiatan menulis yang menciptakan suatu karangan dalam bentuk tulisan. Sebutan bagi orang yang melakukan pekerjaan menulis atau menciptakan karya tulis ialah penulis. Pada umumnya seorang penulis membutuhkan banyak keterampilan juga kemampuan dasar agar tulisan yang mereka ciptakan akan menghasilkan suatu karya yang baik.

Menjadi seorang penulis bisa dibilang ada susahnya dan ada gampangnya, atau ya susah-susah gampang deh. Susahnya yang bagaimana? Hem seperti pada saat kami stuck memikirkan ide apalagi ya yang akan kita tuangkan ke dalam tulisan? Walaupun sekarang apa saja sudah bisa jadi bahan tulisan, tapi tetap yang namanya kesulitan itu pasti ada saja. Misal dapet bahan tulisan nih tapi kita bingung mau mulai darimana, atau bisa juga udah dapat gambaran mau menulis sesuatu tapi ada saja hambatan serta kekurangan yang secara tidak langsung bisa saja terjadi. Hem itu sih keluhan dari kebanyakan penulis yang aku dengar termasuk juga aku.


Nah tapi kalau kamu hobi menulis, tentu saja hobi tersebut bisa menjadi sumber untuk menghasilkan uang loh. Profesi sebagai penulis juga tak kalah penting di zaman modern. Meskipun sebagian pekerjaan telah digantikan robot, pekerjaan penulis tetap tak tergantikan karena suatu karya tulis butuh sentuhan keindahan dari manusia. Perusahaan besar, startup, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) membutuhkan jasa penulis untuk membuat ulasan konten dan mendukung upaya promosi. Di samping itu, penulis juga dibutuhkan industri TV untuk membuat skrip acara (script writer). Jadi ga perlu minder untuk memulai menjadi seorang penulis karena tersaingi dengan metode canggih, sebab sampai kapanpun penulis akan tetap dibutuhkan.

3. Tour Guide

Membahas tentang 10 prospek dan peluang kerja lulusan sastra Inggris 2020 tentu belum lengkap jika tidak menyebut tentang tour guide. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang berjiwa bebas, suka berpetualang, dan suka berkenalan dengan orang-orang baru. Kemampuan bahasa Inggri sangat dibutuhkan untuk memandu wisatawan dari luar negeri. Kamu juga berkesempatan jalan-jalan ke luar negeri untuk memandu wisatawan Indonesia mengunjungi berbagai destinasi wisata istimewa.


Tour Guide atau pemandu tur atau pemandu wisata adalah yang bertugas memberikan arahan, informasi, interpretasi warisan budaya, menceritkan pengalaman tempat serta sejararah dan juga bantuan kepada para pengunjung atau wisatawan. Tour Guide bertugas memberikan penjelasan yang lengkap mengenai destinasi yang dikunjungi oleh pengunjung atau wisatawan yang merupakan tanggung jawabnya. 

4. Jurnalis



Wartawan atau jurnalis atau pewata adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita berupa laporan dan tulisannya dikirimkan atau dimuat di media massa secara teratur. Laporan ini lalu dapat dipublikasikan dalam media massa seperti koran, televisi, radio, majalah dan internet. Wartawan mencari sumber mereka untuk ditulis dalam laporannya dan mereka diharapkan untuk menulis laporan yang paling objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat. Kewartawanan atau jurnalisme mempunyai arti catatan haria atau catatan mengenai kejadian sehari-hari, dapat juga diartikan sebagai surat kabar. Journal berasal dari istilah bahasa Latin diurnalis, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik. 

Jurnalis adalah profesi yang berkaitan erat dengan dunia sastra Inggris. Saat ini, berita tak hanya ditulis dengan bahasa Indonesia tetapi juga ditulis dalam bahasa asing untuk kebutuhan informasi dunia internasional. Itulah sebabnya peran jurnalis yang punya kemampuan bahasa Inggris memadai sangat penting untuk mendukung kemajuan jurnalisme tanah air.

5. Staf Diplomatik


Diplomatik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya berkenaan dengan hubungan resmi antara negara negara. Pengertian diplomatik adalah perwakilan yang kegiatannya mewakili negaranya dalam melaksanakan hubungan diplomatik dengan negara penerima atau suatu organisasi internasional. Sementara staf diplomatik sendiri adalah orang-orang yang bertugas mewakili dan memperjuangkan kepentingan Bangsa, Negara, dan Pemerintahan Republik Indonesia serta melindungi warga Negara Indonesia

Keinginan bekerja di instansi pemerintahan bisa terwujud jika kamu punya kemampuan bahasa Inggris yang memadai. Staf diplomatik adalah bidang pekerjaan yang tak mengharuskan kamu memiliki latar belakang pendidikan spesifik. Justru kemampuan bahasa Inggrismu bisa menjadi kelebihan yang membuka peluang kerja potensial ini.

6. Pramugrari


Siapa yang tak tau pramugari? Pramugari adalah staf karyawan atau petugas perempuan yang bertugas melayani para penumpang di pesawat. Pramugari untuk sebutan perempuan sementara laki-laki disebutnya Pramugara. Tugas utama mereka adalah menjaga keselamatan dan melayani kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan. Tentu sangat besar tanggung jawabnya menjadi seorang awak penerbangan, karena bisa dibilang taruhannya nyawa. Kita terbang tinggi dipesawat hanya demi keamanan dan keselamatan penumpang serta melayani kebutuhan penumpangnya atau bisa disebut serving dalam keadaaan baik sekalipun keadaan darurat.

Hampir seluruh perempuan didunia menginginkan untuk menjadi seorang Pramugari menurutku, karena tidak ada lagi perempuan sempurna selain para Pramugari yang memiliki badan ideal, berotak cerdas, berilmu tinggi dan juga berparas cantik. Pramugari tak hanya identik dengan penampilan menarik dan bentuk tubuh proporsional. Lebih dari itu, seorang pramugari juga wajib memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai. Itulah sebabnya banyak lulusan sastra Inggris memutuskan menjadi pramugari sesuai dengan passion dan potensi pendapatan besar yang bisa diperoleh.

7. Dosen Bahasa Inggris


Bukan cuma sekolah yang membutuhkan guru bahasa Inggris. Mata kuliah bahasa Inggris juga penting bagi seluruh jurusan kuliah. Inilah yang membuat dosen bahasa Inggris menjadi satu dari 10 prospek dan peluang kerja lulusan sastra Inggris 2020 yang menjanjikan. Passion mengajar pun bisa tersalurkan jika kamu menekuni profesi yang satu ini.


Dosen bisa disebut juga guru di kampus atau lebih jelasnya lagi, dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada mahasiswa di kampus. Tidak sedikit dosen bisa mengajar di berbagai kampus yang berbeda loh, bahkan sudah beda kampus beda juga mata kuliah yang diambil untuk mengajar para mahasiswanya. Menjadi dosen juga termasuk pekerjaan keren menurutku karena bisa mengajar sekaligus berteman dengan para mahasiswanya, telebih dizaman sekarang ini ada banyak sekali dosen-dosen muda yang berkawan baik dengan mahasiswanya sehingga memudahkan para mahasiswa untuk menyelesaikan kuliahnya.


Seperti dosen Bahasa Inggris misalnya, selama dalam mata kuliah Bahasa Inggris kita para mahasiswa diwajibkan untuk berbicara pakai Bahasa Inggris selama mata kuliah tersebut selesai, bahkan izin ke toilet pun kita harus menggunakan Bahasa Inggris baru boleh ke toilet. Penerapan seperti ini sudah ku dapatkan pada masa Sekolah Menengah Atas (SMA) dulu sih, jadi buatku tidak terlalu sulit menghadapinya haha sombong. Eits bukan sombong sih itu juga disebabkan karena aku suka dengan pelajaran maupun mata kuliah Bahasa Inggris, karena pelajarannya itu sangat mengasyikkan menurutku dan bikin aku melatih diri sendiri untuk semakin pintar dalam berbahasa Inggris.

8. Editor



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), editor adalah orang yang mengedit naskah tulisan atau karangan yang akan diterbitkan dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. Adapun mengedit sendiri memiliki arti mempersiapkan naskah yang siap cetak atau siap terbit dengan memperhatikan terutama segi ejaan, diksi, dan struktur kalimat.

Tingkat ketelitian di atas rata-rata membuatmu cocok menjalani pekerjaan sebagai editor. Seorang editor harus mampu menyunting berbagai bentuk naskah. Jika kamu punya kemampuan berbahasa Inggris yang baik, cakupan pekerjaanmu akan menjadi lebih luas. Kamu bisa menjadi editor bagi tulisan berbahasa Inggris dengan gaji yang lebih besar daripada editor bahasa Indonesia.

9. Staf Marketing



Jangan menganggap remeh pekerjaan marketing yang bertujuan mencapai target bisnis tertentu. Bukan hanya butuh kemampuan persuasif, staf marketing sebaiknya juga memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Sebab kemampuan bahasa Inggris tersebut akan mempermudah proses komunikasi dengan klien atau pelanggan yang berasal dari luar negeri.


Tugas Marketing adalah memasarkan suatu produk. Suatu produk dapat dipasarkan jika masyarakat mengerti manfaat dari produk tersebut dan mereka membutuhkannya.  Tugas dan Fungsi seorang Admin Marketing di Perusahaan secara sederhana adalah menyiapkan dan menyediakan segala keperluan administratif marketing/sales sesuai dengan SOP (Standart Operational Procedur) yang berlaku di sebuah perusahaan.

10. Entrepreneur


Wirausahawan dalam Bahasa Inggris entrepreneur, adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Ilmu yang kamu dapatkan dari jurusan sastra Inggris bisa dikombinasikan dengan kemampuan lainnya sebagai bekal membangun bisnis secara mandiri. Banyak lulusan sastra Inggris yang memilih menjadi entrepreneur demi mengembangkan passion yang diimpikan. Jika kamu memutuskan menjadi entrepreneur, tentu saja kamu juga harus memiliki daya inovasi dan kemampuan analisis bisnis yang memadai.

Kalau disuruh memilih satu dari 10 prospek dan peluang kerja lulusan sastra Inggris 2020 tersebut, manakah yang akan jadi prioritasmu?
Tentukanlah pilihan karier sesuai minat dan kemampuanmu supaya potensimu berkembang dengan baik melalui jalur karier tersebut. Selamat berkarier! https://www.cekaja.com/info/peluang-kerja-menjanjikan-buat-lulusan-sastra-inggris-kepoin-yuk/

24 comments

  1. Jaman sekarang, aklau udah expert bahasa inggris biasanya memang lebih gampang dapat pekerjaan. Karena mayoritas perusahaan sekarang syarat rekrut pegawai baru itu adalah keahlian bahasa asingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu.. bener banget kak. Karena orang yang pandai berbahasa asing juga bisa dibilang skill loh

      Delete
  2. Kalau sudah bisa bahasa Inggris cakep banget deh. Pekerjaan akan dengan mudah bisa didapat. Teman teman TKI di luar negeri banyak yang kuliah ambil jurusan bahasa Inggris. Emang banyak peluang sih meski gak mungkin jadi dosen dan jadi pramugari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa ga mungkin kak, zaman sekarang yang mahir berbahasa asing itu bisa dibilang skill juga loh..

      Delete
  3. Sastra Inggris biasanya memang lebih mudah karena hampir semua pekerjaan memerlukan hal tersebut. Bisa jadi referensi nih artikelnya

    ReplyDelete
  4. Di antara 10 pilihan itu, yang menarik buat aku adalah Tourguide dan Staf Diplomatik. Kenapa? Soalnya keduanya tampak menyenangkan, karena bisa sekalian jalan-jalan juga sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha setuju, aku juga salah satu yang memilih ituloh diantara semuanya karena kerjanya lebih enjoy

      Delete
  5. Jurusan sastra Inggris memang cangkupan kerjanya luas ya. Berkaca dari pengalaman temanku sih, dia bisa di berbagai bidang juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih alhamdulillah.. semua kerjaan tanpa melatar belakangi jurusan cakupan kerjanya luas kok kak, asal kita selalu optimis dan yakin hehe

      Delete
  6. Dulu tuh aku sempet galau mau kuliah jurusan sastra inggris atau engga.. tapi jadinya engga haha karena dulu masih kurang info kayak gini.. ternyata malah sekarang kerjanya berhubungan sama beberapa profesi di sini spt penulis dan editor 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener banget setelah ku cari-cari informasi juga gitu kak hahaha. Tapi gapapa gaada yg perlu disesali semua yang sudah dimiliki harus disyukuri hehe

      Delete
  7. Aku jadi penulis aja, karena aku gak hobi cuap-cuap beneran, hobinya cuap-cuap di blog. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku hobi cuap-cuap sana sini lagi, aduh gimana dong:(

      Delete
  8. Wah jadi editor keren banget sih, atau jadi penulis juga. Banyak diperlukan di berbagai bidang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kan kak, ga cuma di dua bidang itu aja lagi hehe

      Delete
  9. Bahasa Inggris, salah satu matpel yang saya sukai tapi yaa gitu sampai sekarang masih gagap bicara Inggris. Suka amazed kalau lihat bocil sudah casciscus ngomong Inggris. Kuliah jurusan Sastra Inggris, prospeknya bagus. Kerja dari rumah saja sangat memungkinkan tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku jugak!! Tapi ya little little i can lah ngomong bahasa inggris mah tetep masih banyak pelatihan. Ih iya kak aku juga gitu kaya kagum banget liat anak dari kecil udah pinter banget ngomong bahasa inggrisnya, jujur iri:(

      Delete
  10. 10 profesi ini memang sangat perlu ya mendalami bahasa sastra inggris. Jadinya sudah punya arahan nanti mau kemana nih udah lulus dan tinggal pilih deh dari 10 tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya hampir semua profesi pekerja butuh yang namanya bisa dasar berbahasa inggris sih kak. Apalagi di era digital ini semua sudah serba canggih dan smart dan yang pasti semua berbahasa inggris.

      Hehe betul kak pilih semua juga boleh nanti tinggal ditunjukkin yang mana yanv terbaik

      Delete
  11. Aku lulusan sastra jepang juga baru sadar kalau mau lebih luas lagi networking lebih bagusnya jurusan sastra inggris ya, tapi semua bisa coba profesi karena keterampilan selain pendidikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu.. tapi sastra jepang juga luas kok kak dan sama-sama bagus peluang kerja nya

      Delete
  12. Saat masih duduk dibangku kuliah tingkat akhir, pingin bangey bisa jadi pramugari. Dengan tinggi badan 162cm, kurang dikit hiksss. Lalu pingin juga diplomatik. Wkkwkw banyak keinginan. Akhirnya lulus kuliah jadi wartawan bidang fashion

    ReplyDelete
  13. Saya juga lulusan Bahasa Inggris lho, tapi bukan sastra sih, pendidikannya.
    Alhamdulillah, lulusan Bahasa Inggris itu banyak pilihan koq, yang penting kita mau berusaha dan kerja keras, InsyaAllah akan ada hasil yang baik :)

    ReplyDelete