Selamatkan Hutan Bersama WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) Sebab Hutan Adalah Masa Depan

Tuesday, February 4, 2020


Hutan adalah harta warisan alam terbesar yang wajib dirawat dengan sebaik-baiknya. Hutan-hutan di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah ialah masa depan kita semua karena bagaimanapun juga hutan adalah jantung pernafasan. Perlu kalian tahu bahwa Negara Indonesia sering disebut- sebut sebagai paru-paru dunia loh, sebab Indonesia memiliki hutan yang sangat luas. Hutan berfungsi sebagai penampung karbondioksida dan merupakan penghasil oksigen terbesar. Selain itu hutan memiliki banyak sekali tumbuhan dan tanaman, bahkan hutan menyimpan dan memproduksi kekayaan hayati yang merupakan sumber pangan berkualitas.

WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia)

Kita telah mendengar bahkan menyaksikan sendiri bahwa sering terjadi kerusakkan yang ada di beberapa hutan Indonesia. Kerusakkan hutan yang terjadi menyebabkan warga negara kita sendiri yang terkena dampaknya. Seperti banjir besar yang tak kunjung surut di beberapa wilayah. Begitu juga dengan kebakaran hutan yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab, itu semua sangat berdampak buruk bagi warga sekitar sekaligus wilayah tempat mereka tinggal, sebab asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan tersebut dapat merusak sistem kesehatan tubuh bahkan bisa merenggut nyawa. Jangankan bernafas melihat pun mereka sulit, banyaknya asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan menjadikan kabut dan menutup hampir disatu wilayah. WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia), mengajak anda semua rakyat Indonesia untuk berkontribusi dalam pergerakkan tangan kecil kita.


Sumber: walhi.or.id

WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) adalah organisasi lingkungan hidup independen, non profit terbesar di Indonesia. Dengan WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) kita dapat membantu dengan cara mengirimkan donasi langsung melalui web https://www.walhi.or.id/ . Berapapun dana yang kita keluarkan sangatlah berguna bagi saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan bantuan, terlebih untuk saudara kita yang terkena dampak banjir dan juga wilayah terkena asap akibat kerusakkan dan kebakaran hutan yang telah terjadi.

Kekayaan Hutan Menjadikan Hutan Sumber Pangan

Hutan memiliki manfaat ialah untuk menampung air dalam jumah besar, mengurangi polusi karbondioksida, menghasilkan udara segar oksigen, bisa dijadikan sebagai tempat wisata, dan hasil hutan bisa dijadikan sebagai devisa negara. Sangat amat banyak loh kekayaan yang tersebar secara luas di berbagai hutan yang berada di Negeri kita tercinta Indonesia. Salah satu kekayaan hutan yakni sebagai sumber pangan. Masyarakat-masyarakat yang ada terutama di desa seperti petani dan lainnya mereka harus semaksimal mungkin terus merawat serta menjaga dan memanfaatkannya karena hutan sumber pangan. Hutan sumber pangan juga kita pakai dalam kebutuhan sehari-hari, bahkan ada bahan baku yang berasal dari hutan yang menjadi makanan favorite ku loh dan menurutku makanan ini sudah tak asing lagi di khalayak umum sebab banyak sekali orang yang sudah mengonsumsinya. Nah disini aku bakal kasih beberapa contoh hasil hutan sumber pangan beserta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yuk kita simak berikut ini.

1.      Madu


Sumber: canva
Ini dia nih bahan baku yang berasal dari hutan dan sudah menjadi favorite aku yaitu madu. Madu ialah salah satu hasil alam yang diperoleh dari hutan nan sangat bermanfaat bagi manusia. Madu yang berasal dari hutan ini biasa disebut madu hutan. Madu hutan berasal dari lebah Apis Dorsata yang hidupnya bebas dihutan. Lebah tersebut mengelola madu dari nektar atau sari bunga asli hutan di habitat hutan yang berada. kenapa madu yang menjadi makanan favorite yang asalnya dari hutan? Padahal kan masih banyak makanan lain sebab hutan sumber pangan. Nih ya aku kasih tau, madu hutan itu rasanya enak banget teksturnya yang kentel pas diminum membuat aku hobi mengunyahnya loh pada saat didalam mulut. Ada kepuasan tersendiri dan rasanya nikmat dan wanginya sangat khas. Selain itu aku menyukai madu karena madu hutan banyak mengandung manfaat yang luar biasa seperti :
·         Mengandung antioksidan
·         Sebagai sumber energy
·         Membantu menangkal infeksi
·         Sebagai  anti bakteri
·         Mengatasi gangguan pada saat tidur
·         Menambah nafsu makan
·         Sebagai anti jamur
·         Mengurangi resiko terkena diabetes

Wah gimana ada banyak banget kan manfaat dari madu hutan. Kalian perlu tau juga nih selain madu hutan yang kaya akan manfaat madu hutan juga tidak diragukan lagi tingkat keamanan dan kebersihannya untuk dikonsumsi rutin dalam kebutuhan sehari-hari. Wajib banget kalian tau dan langsung di konsumsi atau dicoba ya untuk diri sendiri loh, sebab semua kandungan yang terdapat di dalam madu hutan terjamin aman dan sangat baik untuk kesehatan.

      2.      Kayu Manis

Sumber: satuharapan.com
Siapa disini yang ga tau kayu manis? Terutama ibu-ibu nih yang pastinya sudah tidak asing lagi mendengar bahan baku yang bernama kayu manis. Kayu manis sangat popular dikalangan masak-memasak. Kayu manis sendiri digunakan sebagai bahan penyedap makanan serta obat kesehatan. Kayu manis ialah rempah-rempah yang berasal dari kulit kayu yang terdapat dihutan. Kenapa disebut kayu manis? Sebab ia bersumber dari kulit kayu yang punya rasa manis. Bentuk dari kayu manis persis seperti kayu pada umumnya bewarna coklat dan panjang, hanya saja setelah kulit kayu dijadikan kayu manis tekstur atau ketebalannya lebih sudah tidak seperti kayu melainkan sangat tipis.

Banyaknya manfaat yang terkandung didalam kayu manis, mengaikbatkan tidak jarang orang menggunakan kayu manis sebagai penyedap makanan ataupun obat kesehatan. Sebab mereka yakin dan tidak diragukan lagi karena kayu manis ini adalah bahan baku alami yang berasal dari hutan. Berikut manfaat dari kayu manis :
·         Mencegah pertumbuhan sel kanker
·         Kesehatan pencernaan dan usus
·         Menghangatkan tubuh
·         Meringankan rematik
·         Menurunkan risiko penyakit jantung
·         Sebagai antioksidan
·         Mencegah bau mulut dan kerusakkan gigi

      3.      Jamur

Sumber: tokopedia.com
Bahan baku yang berasal dari hutan kali ini ialah jamur. Jamur sering dianggap sebagai sayuran namun jamur mampu menyediakan berbagai macam nutrisi yang biasanya ditemui didalam daging, kacang-kacangan dan biji-bijian. Macam-macam jamur tersebar luas di pepohonan yang berada di hutan. Tapi tidak semua jamur yang berada didalam hutan bisa dimakan ataupun dikonsumsi ya, sebab ada jamur yang liar beracun dan ada juga jamur yang tidak liar dan aman untuk dikonsumsi, jadi pastikan berhati-hati dalam memilah jamur ya. Jamur yang aman untuk dikonsumsi yakni, jamur kuping, jamur tiram, jamur merang, jamur kancing, jamur porcini dan masih banyak lagi. Jamur-jamur tersebut rasanya enak dan lezat loh, biasanya disajikan dalam bentuk campuran makanan seperti lauk pauk, sayur mayur dan bisa dijadikan sebagai cemilan. Salah satu cemilan berbahan baku dari hutan yang ku sukai ialah si jamur ini. Jamur yang biasa ku makan dalam bentuk cemilan dibuat dengan olahan yang sangat garing. Rasanya sangat krispy sekaligus renyah banget pas digigit bikin ancur dimulut karena seenak itu jamur hutan dijadikan cemilan.

Berbagai manfaat jamur bagi kesehatan sangat dibutuhkan bagi tubuh kita. Sebab nutrisi dan kandungan yang terdapat dalam jamur juga menjadi pengobatan tersendiri bagi tubuh. Berikut manfaat bahan baku jamur yang berasal dari hutan :
·         Memperkuat sistem kekebalan tubuh
·         Menghambat pertumbuhan sel kanker
·        Aman dan sehat bagi jantung
·         Menurunkan kolestrol yang tinggi
·         Mengobati sesak nafas
·         Mengobati hepatitis kronis

      4.      Tanaman Pakis

Sumber: steemit.com
Tanaman pakis adalah bahan baku yang berasal dari hutan yang dimanfaatkan sebagai sayuran. Tanaman pakis biasanya diolah menjadi sayur mayur yang sering disebut dengan sayur pakis. Tanaman pakis setelah diolah menjadi sayur pakis juga bisa dijadikan campuran makanan seperti kedalam ketupat. Tanaman pakis ini layak untuk dikonsumsi sebab memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki kandungan aneka vitamin diantaranya, vitamin A, vitamin C, kalium, fosfat, magnesium, kalsium dan protein. Tanaman pakis dinilai sangat bermanfaat bagi vegetarian dibandingkan sayuran lainnya karena protein yang terdapat di dalam sayur pakis lebih banyak 4 kali lipat. Umumnya pakis dikonsumsi sebab tanaman ini tidak menngandung zat yang berbahaya. Tetapi harus tetap diolah dulu dengan keadaan yang baik, benar, dan bersih ya jadi tanaman pakis dipastikan sangat siap untuk dikonsumsi.

Mengonsumsi sayur secara rutin ialah cara pola hidup sehat yang baik. Karena sayur salah satu makanan pokok yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, jika kita tidak pernah mengonsumsi sayur atau jarang tubuh bisa kurang serat sementara serat sangat berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Jadi jangan pada males makan sayur yaa! Seperti sayur pakis ini yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya :
·         Meningkatkan kekebalan tubuh
·         Meningkatkan sel darah merah
·         Menjaga kesehatan mata
·         Menambah nafsu makan
·         Menjaga kadar gula darah
·         Kaya dengan serat

      5.      Sagu

Sumber: greeners.co
Sagu pada umumnya terkenal dari Maluku, Papua, bahkan Nusa Tenggara. Struktur menu makanan utama penduduk asli daerah tersebut ialah sagu. Sagu berasal dari tepung yang didapat dari batang pohon sagu yang bentuknya menyerupai pohon palma. Pohon sagu yang hidup dihutan Papua dan Maluku mencapai angka jutaan. Tanaman sagu adalah salah satu kekayaan hutan Indonesia  yang cukup signifikan, sebab dari total area hutan sagu di dunia, Indonesia memiliki satu juta hektar sagu yang tersebar di beberapa provinsi dari hutan sagu di dunia. Sagu sendiri biasa dibuat olahan makanan pokok, lauk pauk dan juga cemilan. Biasanya orang Papua dan sekitarnya memakan sagu dalam bentuk papeda, semacam bubur dan lainnya. Nah di daerah lain pun papeda sudah banyak ditemukan salah satunya di Ibu Kota Jakarta. Aku sendiri pernah mencoba papeda dalam bentuk cemilan atau jajanan dan rasanya pun enak, bentuknya unik dengan teksturnya yang sangat kenyal. Biasanya sagu sendiri dijual sebagai tepung curah maupun tepung yang dipadatkan. Sagu seperti inilah yang sering digunakan untuk campuran bahan kue ataupun makanan lainnya.

Manfaat sagu sudah tidak diragukan lagi sebab tanaman pohon sagu dimanfaatkan secara alami dan dari hutan langsung. Berikut beberapa manfaat sagu yakni :
·         Mencegah darah tinggi
·         Sebagai sumber energy
·         Memperbaiki pergerakkan sendi
·         Mencegah masuk angin
·         Memperlancar sistem pencernaan
·         Meningkatkan kesehatan tulang
·         Menjaga suhu tubuh
·        Menyembuhkan nyeri pada ulu hati dan mencegah perut kembung

WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) Organisasi Penggerak Terbesar Di Indonesia

Tujuan dari WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) adalah untuk pembentukkan usaha-usaha konservasi sumber alam yang menimbulkan kesadaran masyarakat, serta meningkatkan gerakkan lingkungan Indonesia. Kegiata utama WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) antara lain solusi dalam lingkungan hidup serta menjadi sebuah gerakkan publik yang bertanggung jawab. Selalu menggalang dukungan dari berbagai elemen masyarakat, dan fokus dalam kampanye dalam isu air, pangan dan keberlanjutan, hutan dan perkebunan, energi dan tambang, keadilan iklim, pesisir dan laut serta isu-isu perkotaan lainnya.

Terbukti sudah bahwa kekayaan hutan alam yang ada di Indonesia sangatlah banyak, tentu lebih dari yang ku sebutkan diatas. Masih banyak hutan sumber pangan lainnya yang dapat dimanfaatkan bagi orang banyak terlebih yang disekitar hutan. Tidak memandang masyarakat kecil ataupun besar, tidak juga memandang pemerintah ataupun orang biasa tetapi kita semua. Kita rakyat Indonesia wajib menjaga kelestarian hutan yang ada diseluruh Indonesia. Stop pembakaran hutan, stop pada penebangan pohon liar dihutan, dan stop menimbulkan kerusakkan hutan demi kepentingan pribadi sebab hutan kita adalah hutan sumber pangan.

Hutan adalah salah satu kekayaan alam yang wajib dijaga kelestariannya, maka dari itu keberadaan hutan sangat penting bagi aku dan percayalah jika hutan penting bagi kalian maka jagalah, karena hutan adalah tanggung jawab kita semua.

50 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Hutan indonesia termasuk hutan yang terluas dunia dan berkontribusi sebagai paru paru bumi. Tak hanya itu hutan juga sebagai sumber pangan bisa dibayangkan Jika hutan punah mama keseimbangan ekosistem akan terganggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak. Maka dari itu kita sebagai rakyat juga harus peduli dengan keberadaan hutan sekarang, sebab hutan sumber pangan terbesar yang masih sangat dibutuhkan.

      Delete
  3. Iyaaa aku setuju mbaa hutan indonesia harus dilindungi terus mba, sampai kapan pun. BTW tanaman paku mengiingatkan masa kecilku mba, yng hobby banget nyari paku. Dan paku itu kalau dimasak dan direndang enak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. depan gang aku ada yg jual tuh gulai paku ^_^ ena bgttt

      Delete
    2. Betul karna kalau bukan kita siapa lagi ya hihi. Wah enak tuh kayanya aku sendiri belom pernah coba tamaman paku dimasak jadi rendang nih, boleh lah kapan-kapan aku request ke ibuku hahaha

      Delete
  4. Miris aku kalau banyak kerusakan lingkungan gini, apalagi kebakaran hutan sekarang terjadi di mana-mana. Populasi hewan yang ada di dalamnya juga terancam punah :(

    Semoga dengan berdonasi di Walhi bikin kita semakin sadar untuk selalu membantu sesama sekaligus berkontribusi mencegah kerusakan lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget jadi ikutan berduka kita semua karena telah menyaksikan sendiri sebab memang seprihatin itu keadaan hutan kita sekarang..

      Nah dengan adanya Walhi insyaallah bisa memudahkan kita untuk turut saling membantu sesama, sekaligus bisa melihat siapa-siapa saja warga yang terkena dampaknya dan melihat proggres lebih lanjutnya. Insyaallah Walhi amanah hehehe

      Delete
  5. Untungnya ada orang-orang baik di WALHI yang berkontribusi untuk menjaga hutan di Indonesia. Tidak lupa kita juga harus ikut sama-sama menjaga. Karena kalau bukan kita siapa lagi?

    Sagu termasuk makanan favoritku juga dari bugis. Waktu di Maluku juga di sana orang-orang suka makan sagu yang diolah menjadi papeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama kakak, kita semua rakyat Indonesia orang baik di kasih jalan mudah melalui orang baik juga seperti organisasi Walhi ini. Karena insyaallah walhi amanah, aamiin

      Wih sama aku juga suka sagu tapi yg dibuat cemilan atau makanan lain yg terbuat dari sagu, entah berasa aman aja makan-makanan dari hutan karena berasa alami dan tidak mengandung pengawet ya kak hihihi

      Delete
    2. Sama Kak. Yang cemilan sagu pakai gula merah itu enak juga. Apalahi yang pakai kelapa, maknyus sudah, hehe. Pokoknya makanan Indonesia yang makai sagu itu banyak banget

      Delete
  6. Jangan sampai hutan kita musnah ya kak. Apalagi madu dr hutan juga kan. Gak kebayang kalau madu menghilang yaa huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget ih, aku sebagai penyuka madu gaterima banget kalau sampe madu musnah. Omg gakebayang😭

      Delete
  7. Baru tau kalau pakis bisa dimakan. Kayak pernah liat pas lagi di gunung sih tanaman ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong kak, aku pribadi pernah makan dijadikan sayur pakis dengan campuran ketupat sayur. tapi tetap harus diolah dengan baik dan benar terlebih dahulu. Setalah itu pastikan lagi deh apakah pakis sudah bersih dan siap untuk dibuat makanan hehehe

      Delete
  8. Kepo sih aku pengen gitu menjelajah hutan. Tapi entah kenapa masih takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bgt!! Aku kehutan pernah tapi belom pernah menjelajah yang kaya bener-bener menjelajahi hutan gitu wkwkwk.

      Tapi peduli dengan hutan selain dengan jelajah langsung juga bisa ikutan program yang disediakan oleh Walhi loh kak, segera di cek di walhi.or.id

      Delete
  9. Yup betul sekali Mba kalau hutan Indonesia itu adalah salah satu paru-paru dunia. Sayangnya, banyak pembalakan liar, ilegal logging, pembakaran hutan yang berlangsung terus menerus.. kalau bukan kita yang menjaga hutan, lantas siapa lagi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget kan kak. Hutan di Indonesia itu ada banyak sekali, sangat disayangkan kalau cuma untuk dirusak orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sebab hutan sampai sekarang dan dimasa yang akan datang akan selalu menjadi hutan sumber pangan.

      Delete
  10. Hasil hutan Indonesia seperti madu itu kualitasnya memang nggak diragukan lagi, madu hutan Indonesia bagus banget. Trus kayu manis, pakis, jamur dan sagu memang sudah biasa dikonsumsi masyarakat. Jangan sampai hilang sumber pangan dan oksigen serta area resapan air karena hutannya rusak. Semoga Walhi dengan dukungan masyarakat dan pemerintah Indonesia bisa melestarikan hutan Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget aku baca komen kakak ini, terimakasih sudah meninggalkan jejak yang sangat baik dan nyaman banget buat dibaca hehe.

      Hutan kita adalah hutan sumber pangan jadi sampai kapanpun juga hutan akan selalu dibutuhkan karena hutan adalah masa depan. Dengan adanya Walhi insyaallah akan hutan-hutan yang ada akan jauh lebih lestari dan nyaman serta aman di manfaatkan untuk seluruh warga Indonesia.

      Delete
  11. Sesungguhnya banyak banget ya mbak hasil hutan yang bisa kita manfaatkab selain kayunya. Soalnya kalau cuma mengandalkan hasil kayu, apalgi gak ditanami lagi, yg ada malah nanti nalah bisa merusak hutan. Padahal hutan ini wajib kita jaga buat keseimbangan bumi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihh bukan banyak lagi emang banyak banget lebih-lebih dari yang ku sebutkan di artikel aku ini. Ini hanya sedikit edukasi aja mengenai apa-apa saja yang masih kita butuhkan untuk kehidupan sehari-hari yang bahan bakunya berasal dari hutan. Terbukti jelas sekali kan bahwa hutan kita akan selalu menjadi hutan sumber pangan.

      Betul dijaga-jaga dengan sebaik-baiknya sebelum kita semua merugi akibat kehilangan hutan-hutan sumber pangan ini huhu

      Delete
  12. Kita wajib banget menjaga hutan karena udah tugas kita. Dan nyatanya bahan makanan yang selama ini kita konsumsi kebanyakan berasal dari hutan, sayang banget kalo hutan jadi rusak. Yang rugi juga kita sendiri nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Maka dari itu sebelum kita semua merugi dan terkena dampak akibat kerusakkan hutan yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab, kita wajib banget turut bantu melestarikan hutan bersama Walhi sekaligus memanfaatkan hutan kita sebab hutan Indonesia adalah hutan sumber pangan.

      Delete
  13. Pernah masuk hutan waktu jaman kuliah dulu, dari situ akhirnya bener-bener tau dan lihat sendiri kalo banyak banget yang bisa dimanfaatkan dari hutan. Tapi sedih banget sampe hari ini masih aja ada pembakaran hutan atau penebangan pohon secara liar, ternyata menyadarkan setiap orang akan pentingnya menjaga hutan susah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hatinya harus ada ketukan dari diri sendiri dulu emang. Tapi kalau kita diam saja dan ga cari tahu justru salah besar. Karena nanti yang terkena dampak buruknya pun kita sendiri juga.

      Nah dengan adanya Walhi insyaallah Walhi adalah organisasi yang amanah sebab Walhi sudah menjadi organisasi terbesar yang sangat peduli terhadap hutan

      Delete
  14. Beberapa temanku juga bergabung di WALHI, yang awalnya bertanya2 utk apa hutan, skrg makin sadar betapa berharganya keberadaan hutan :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren kak.. aku kalau ada kesempatan juga kayanya pengen bergabung di organisasi seperti Walhi. Selain mencari pengalaman baru tentu juga jadi tantangan tersendiri menurut aku karena organisasi Walhi adalah organisasi yang sangat diandalkan

      Delete
  15. Setuju banget kalo kita harus menyelamatkan hutan, karena hutan selain tempat hidup satwa juga berfungsi menyerap air dikala debit air sedang tinggi ya.. saya turut mendukung walhi dalam upaya menyelamatkan hutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe harus dong kak, salah satu bentuk dukungan serta bantuan dengan yaikni dengan kita percaya bahwa Walhi adalah organisasi terpeduli terhadap hutan yang sangat diandalkan bagi rakyat Indonesia.

      Delete
  16. Nah ini info menarik, soalnya aku baru tahu kalau ada organisasi non profit semacam walhi ini 😣

    ReplyDelete
  17. MasyaAllah, sungguh tanaman-tanaman ini dekat banget dengan kehidupan kita sehari-hari. Sudah seharusnya kita pun juga sadar dan mau melindungi hutan demi keberlangsungan hidup kita dan anak cucu di masa akan datang.

    ReplyDelete
  18. mashaa Allah bener banget ya setyju betapa pentingnya menjaga keberlangsungan ekosistem dan aku baru tau ada walhi

    ReplyDelete
  19. kl ga kita pelihara, sama aja kita ga ngasih kesempatan hidup buat generasi anak selanjutnya. duh makin worry aku

    ReplyDelete
  20. Aku belum pernah makan pakis, hehe. Ternyata ada jugae d hutan yaah. Bener bener sumber kehidupan hutane kita apalagi di Indonesia yang punya hutan sangat Luas.

    ReplyDelete
  21. Banyak hasil hutan yang bisa diolah dan dijadikan komoditi yang bisa mengingkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar pada khususnya dan juga bisa di ekspor juga ya bisa jadi pendapatan negara.. mari selamatkan hutan

    ReplyDelete
  22. bersyukur banget ya banyak hutan di Indonesia tapi malah rusak dan sering kebakaran.. haduuh sediih banget.. Jamur dan Pakis adalah sayur kesukaan aku.. Sedap banget kalau dimasak dengan ditumis atau dikasi santan.. yummy..

    ReplyDelete
  23. Hutan memang sumber pangan yang tak terbatas ya. Banyak banget sumber pangan yang bisa kita dapatkan. Dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, bahkan hingga ke lemak. Jadinya akan sangat menyedihkan jika hutan semakin menyempit.

    ReplyDelete
  24. kalau dengar berita karhutla, atau pembukaan hutan utk lahan pertanian/pemukiman/apalagi buat industri, rasanya nyesek banget. Semoga semua pihak lebih perduli untuk menjaga dan melestarikan hutan Indonesia.

    Btw, itu tanaman pakis. Jadi ingat saat di banyuwangi kerap menyantap sayur pakir yang di di oseng-oseng pedes, maknyuss

    ReplyDelete
  25. Hutan oh hutan, paling sedih kalau ada berita pembakaran hutan atau pembalakan kayu liar. Emang butuh WALHI sbg pihak yg mantau jg ya.
    Bener mbak banyak hal lain yang bisa dimanfaatkan dari hutan, selain kayunya.
    Beberapa tanaman yang jadi bahan makanan salah satunya ya.

    ReplyDelete
  26. Hutan bener-bener sumber pangan banget ya buat kita. Kebayang deh kalau hutan ini pada dibakarin, darimana lagi.coba sumber pangan kita yang berlimpah ini

    ReplyDelete
  27. Setuju banget aku, kalau hutan adalah hal yang harus di lindungi ditanah Indonesia ini. Kalau dibilang hidup dihutan ngga bisa hidup, salah banget yah soalnya banyak atau ada aja pohon yang bisa dijadiin masakan.

    ReplyDelete
  28. Semoga hutan bisa penyedia makanan kita lagi ya biar bisa swasembada pangan dan rakyat sejahtera, hutan terpelihara

    ReplyDelete
  29. Kayu manis, pakis dan jamur yang paling sering di konsumsi dan menjadi makanan yang paling digemari saat ini

    ReplyDelete
  30. Aku baru tau lho Pakis bisa jadi sayuran juga ya. Dikira cuma tanaman liar aja. Soalnya ini sering tumbuh di tempat lembab dan ada di sekitar rumah aku juga. Hehe

    ReplyDelete
  31. Keren nih, ternyata hutan juga bisa menghasilkan sumber pangan yang kaya akan nutrisi ya. Khususnya nih yang baik untuk kesehatan. Bermanfaat banget yaa.

    ReplyDelete
  32. Sedih aku tuh kalau ngomongin hutan dan lingkungan hidup. Dan bener banget hutan menghasilkan sumber pangan yang kaya.. termasuk Durian! Paling enak deh kalau pulkam terus ketemu penjual duren yang hunting durennya di hutan, terus makan duren nya di dekat air terjun di pinggri sungai.. hehehe

    ReplyDelete
  33. Itu foto sama patung di mana mbak?

    ReplyDelete