Bersama Melawan Virus Covid-19

Thursday, April 16, 2020


Virus Corona atau yang dinamakan SARS-CoV-2 adalah virus baru yang berasal dari kota Wuhan, China. Pada tanggal 2 Maret 2020, Pak Presiden mengumumkan bahwa di Indonesia dua warga negara kita telah positif terkena virus corona.

Apa yang sedang kita hadapi ini betul-betul nyata sebab tingkat penyeberan virus corona di Indonesia terus meningkat dengan cepat. Kasus covid-19 per 16 April 2020, terkonfirmasi positif corona sebanyak 5516, dengan total sembuh 548 dan meninggal 496 jiwa.

Fakta yang kita tahu bahwa sampai saat ini belum ada obat yang betul-betul efektif untuk melawan virus corona, belum adanya vaksin yang mencegah agar tidak terinfeksi, dan tim medis belum tau pasti sifat dari virus ini dan belum diketahui apa efek yang disebabkan dari virus corona.

Bersama-sama kita bisa mencegah penularan virus corona lebih luas. Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mencegah penyebaran virus corona ini?

Corona Virus Disease yang disingkat covid-19 lebih mudah dan lebih cepat menyebar di tempat-tempat keramaian, kita yang ingin sekali virus corona segera hilang dari bumi sangat bisa untuk memperkecil penyebaran virus corona dengan Jaga Jarak, Hindari Keramaian, dan #dirumahaja.

Gak usah keluar rumah kalau gak penting-penting amat, gak perlu heboh ngajak temen-temen nongkrong karena bosan #dirumah aja, sebisa mungkin kita ga bikin kerumunan dan hindari keramaian.

Bagaimana jika kita harus terpaksa keluar rumah dalam keadaan wabah menular seperti ini?
1.       Gunakan masker.
2.       Hindari keramaian
3.       Jaga jarak satu meter.
4.      Menjaga tangan kita agar tidak menyentuh apapun yang memang tidak perlu disentuh,
5.      Dan sesering mungkin mencuci tangan dengan benar dan bersih.

Virus corona bisa menyerang siapapun bahkan yang tidak ada gejala sekalipun. Perlu ditekankan bahwa virus corona sangat mudah menular bagi kaum muda terlebih di kalangan orang tua yang memiliki penyakit penyerta seperti sakit jantung, darah tinggi, sakit paru-paru dll.

Bagaimana cara kita mengenali gejala yang akan dialami jika kita terkena covid-19? Gejala dari virus ini sangat familiar artinya biasa kita jumpai dan mungkin kita pernah mengalaminya seperti demam, batuk kering, sakit tenggorokkan, dan sesak nafas. Jangan Panik tapi Tetap Waspada, virus ini dapat kita cegah dan bisa disembuhkan dari #dirumahsaja dengan cara tidur yang cukup 7-9 jam, makan-makanan bergizi, banyak minum air putih, mengkonsumsi vitamin dan olahraga ringan dirumah.

Kalau kita bisa dirumah kita #dirumahaja, Jangan Panik dengan buru-buru pergi kerumah sakit padahal kita masih mampu menangani virus corona ini sendiri. Pastikan bahwa rumah sakit tetap tersedia hanya untuk orang-orang yang membutuhkan seperti orang tua, orang dengan daya tahan tubuh rendah, orang-orang muda yang mengalami gejala berat seperti sesak nafas.

Lalu bagaimana dengan orang yang daya tahan tubuhnya baik dan tidak memiliki gejala? Sebaiknya tetap #dirumahaja, Jaga Jarak, dan Hindari Keramaian. Karena orang yang tidak memiliki gejala belum tentu didalam tubuhnya tidak ada virus corona, dan orang yang tidak bergejala tetap bisa menularkan virus pada orang lain. Sangat penting untuk tidak menyentuh wajah sebelum keadaan tangan bersih, kenapa? karena virus ini sangat cepat masuk dan menyebar melalui mata, hidung, dan mulut.

Para peneliti, dokter-dokter, dan tenaga medis sedang berusaha dan berjuang mencari obat dan vaksin dari virus ini. Mari kita ikut berperan dimulai dari diri sendiri dengan Jaga Jarak, Hindari Keramaian dan #dirumahaja.

Yuk sama-sama kita menghindari keramaian demi memutus rantai penularan virus ini, penting untuk kita #dirumahaja agar kita bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita agar dapat melawan virus corona, dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan selalu mencuci tangan dengan bersih. Ikuti aturan pemerintah dengan menerapkan physical distancing dan self quarantine.

Untuk teman-teman medis tetap semangat ya! Dan untuk kita semua Jangan Panik tapi Tetap Waspada, kita yakin dan percaya bahwa wabah menular ini bisa kita selesaikan dengan bersama-sama Melawan Virus Corona.


Stay Safe, Stay Health, and Stay At Home

Post a Comment