Pengalaman Membuat Kue Kastengel untuk Dijual ke Tetangga

Thursday, April 23, 2020


Esok hari kita sudah mulai memasuki bulan suci ramadhan 1441 H, wah wah rasanya cepat sekali bukan? Aku sendiri merasa cepet mungkin faktor hampir dua bulan dirumah aja, padahal kita semua sangat berharap pandemi covid-19 berakhir sebelum puasa ya huhu. Anyway lagi-lagi kita ambil sisi positifnya yuk, mulai dari bersyukur masih diberi kesempatan mengikuti puasa tahun ini, kita bisa buka puasa dan sahur bareng keluarga setiap hari, dan uang saku juga jadi aman loh karena kita gak akan keluar rumah untuk bukber alias buka puasa bareng hahaha. Sebelumnya aku mau maaf lahir batin via online dulu nih ke kalian semua terutama para penggemar blog aku, maaf ya kalau masih ada kata-kata yang kurang berkenan dihati kalian hehe dan terima kasih sudah selalu mengikuti setiap proses artikel yang aku sharing ke kalian because sharing is caring right? Semoga kalian semua selalu disertai kesehatan ya dan buat yang menjalankan ibadah puasa agar puasanya lancar, diterima, dan bisa mengikuti puasa di tahun-tahun berikutnya aamiin.

Kegiatan Selama di Bulan Suci Ramadhan

sumber : tokowahab.com
Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan selama bulan puasa ini loh, walaupun puasa tahun ini rasanya pasti sangat berbeda dibandingkan puasa tahun lalu. Yang biasanya kita bisa silaturahmi di acara bukber, keliling ngabuburit mencari menu buka puasa, solat teraweh berjamaah, dan masih banyak lagi. Namun hal-hal tersebut ternyata bisa kita lakukan juga selama dirumah aja. Contohnya hal satu ini yang paling aku kangenin di bulan suci ramadhan yaitu pada saat menjelang lebaran tahun kemarin, aku sekeluarga membuat kue nastar bersama-sama. Rasanya seru banget banyak becandanya, dan menghasilkan suatu kue yang berhasil dengan rasa yang enak menurut ku walaupun beberapa kue nastar buatan sendiri bentuknya suka gak konsisten, ada yg kecil banget sampe gede banget pun juga ada hahaha. Nah puasa tahun ini aku sekeluarga rencananya mau membuat kue lebaran lagi, kue satu ini juga salah satu yang menjadi favorite kue lebaran setelah nastar. Pasti pada tau dong.. yup kue kastengel atau biasa disebut kue keju.

Jelang lebaran biasanya permintaan kue memang semakin meningkat, karena nantinya masyarakat akan menggunakan jajanan tersebut sebagai sajian di atas meja makan. Untuk suguhan tamu yang datang, bahkan kalian bisa memanfaatkannya sebagai usaha, apalagi yang pada dasarnya memang senang menjual beragam jenis makanan ringan layaknya kue. Bisa membuat kue coklat dan kue nastar sampai dengan yang tidak kalah populer adalah kue kastengel. Karena nyatanya banyak yang menggemari jenis kue satu ini.

Cara Membuat Kue Kastangel Dengan Mudah

sumber : tokowahab.com
Kali ini aku bakal share menu resep cara membuat kue kastengel yang mudah dan dijamin enak. Disini aku juga mau kasih tau kalau para penggemar kue kastangel itu ada banyak loh, jadi kalian bisa banget nih bikin kue kastangel untuk dijadikan sebagai usaha dan dijual ke tetangga-tetangga. Eitt jaman sekarang sudah canggih kalian juga bisa promosikan usaha kastangel ini via online. Tokowahab menyediakan berbagai bahan-bahan makanan untuk diolah, kalian bisa cek disini ya agar memudahkan kalian membeli bahan kue yang akan kalian buat.

Pengalaman dalam membuat kue kastengel ini sebenarnya sangatlah mudah, berikut ini diantara resepnya yang dapat Anda ikuti.

Bahan-bahan:

  • 400 gram mentega.
  • 450 gram tepung terigu protein sedang.
  • 100 gram maizena.
  • 4 sdm susu bubuk.
  • 200 gram edam cheese.
  • 200 gram parmesan cheese diparut.
Bahan untuk taburan:

            ·         Cheddar cheese diparut.

Bahan untuk olesan:

            ·         Kuning telur kocok lepas

Cara membuat:

1.   Kocok mentega sampai lunak. Masukkan tepung terigu, tepung maizena dan juga susu bubuk sambil diayak sehingga tidak ada yang menggumpal, kemudian aduk campuran tersebut sampai rata.
2.  Masukkan edam cheese dan juga parmesan cheese kedalam wadah yang berbeda, aduk-aduk semuanya sampai benar-benar rata.
3. Setelah itu kemudian campurkan kedua adonan yang berbeda tersebut menjadi satu, sambil ditambahkan dengan air, aduk semuanya sampai teksturnya bisa dibentuk.
4.  Setelah itu baru Anda bisa menggilasnya adonan tersebut sampai benar-benar rata. Kemudian cetak membuat cetakan. Setelah itu masukkan kedalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi menggunakan margarin.
5.   Olesi bagian permukaannya menggunakan kuning telur dan taburi dengan cheddar.
6.  Masukkan kedalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 125 derajat Celcius sampai matang.
7.  Setelah matang maka bisa Anda angkat dan dinginkan, segera masukkan kedalam toples yang kedap udara sehingga akan tetap renyah untuk waktu yang lama.
Untuk mendapatkan keju berkualitas baik yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan kastengel ini, maka Anda bisa membelinya online di TokoWahab. Tokowahab banyak sekali menyediakan bahan-bahan makanan yang dapat diolah terutama dibulan puasa ini yang biasanya orang-orang membuat berbagai macam kue untuk cemilan di atas meja ataupun suguhan para tamu.

Jadi gimana nih sudah paham kan cara membuat kue kastangel? Sangat mudah untuk kalian ikuti dan mendapatkan bahan-bahan olahan dari tokowahab. Selamat mencoba ya! Sharing di kolom komentar dong kue lebaran apa aja yang berhasil kalian buat hihi.

Selamat menjalankan ibadah puasa semua! Yuk terus berdoa agar pandemi covid-19 segera usai secepatnya J

17 comments

  1. Kue castangel salah satu kue yang aku tunggu saat momen lebaran banget mbak, dan emang karena kejunya itu lho yang bikin aku ngga bisa berhenti makan castangel hehe.. keju oh keju kenapa kamu begitu menarik hatiku eh ko jadi curcol sih akunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kan setuju, aku ga terlalu suka keju tapi buat kastangel sendiri aku suka banget karena dia udah berupa kue jadi makan banyak pun tetep enakkk

      Delete
  2. Belum ada rencana bikin kue lebaran apa ini hehe. Btw ini toko online bahan-bahan kue ya? Wah keren ya jaid gak perlu keluar rumah lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh ayo direncanakan lumayan banget buat mengisi waktu dirumahaja nya hahaha. Iyadong tokowahab.com emang paling top untuk bahan-bahan olahan seperti ini dan gratis ongkirr

      Delete
  3. Wah rajin banget Mba aku sih belum pernah bikin sendiri untuk kue lebaran, malees hehe terus dalam itungan menit langsung ludes dimakan rame-rame, hihihi. apalagi kaastengel favoritku banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalo lagi mau dan iseng aja sih baru deh mulai ide ide kreatif.

      Delete
  4. Duh, kenapa orang-orang pada produktif banget yak. Apa cuma aku yang ngerasa keinginan masak aku berkurang di bulan puasa. hehe.. Ini sih aku bakal berani praktekkin kalau sama kakak aku mbak. Soalnya dia punya alat lebih lengkap dan juga lebih jago bikin kue. Noted dulu resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu ga sendirian kok kak aku soal masak memasak juga ga rajin rajin amat wkwkwk. Tapi kalo lagi bosen suka kepikiran pengen membuahkan sesuatu gitu ya kaya bikin kue gini hehe

      Delete
  5. Kastengel ini kue kering kesukaan anakku. Tahun ini mau bikin sendiri ah demi pengiritan uang belanja hehehe. Makasih resep dan rekomendasi Toko Wahabnya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga nih seru loh buat adonan bareng keluarga hahaha. My pleasure kak

      Delete
  6. Salah satu yg aku pengen nih. Dari tahun kemaren udah ngiler pengen bikin ini tapi karena ketersediaan bahan, jadi gak bikin. Btw, terima kasih resepnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sekarang bisa dong nih dibikin apalagi tokowahab.com sudah menyediakan jadi gampang dan mudah untuk dibuat hihi

      Delete
  7. rajiiiiiinn bikin kastengel buat lebaran. aku tim #terimajadi aja. Mau #terimagaji, yaa siapa juga yang mau yak kalau nggak kerja gini. ahahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aku kalau lagi males juga maunya terima jadi aja kok

      Delete
  8. saya suka makan kastengel ini, tapi kalau buatnya gak tahan, gak sabaran deh saya tuk uprek-uprek jenis kukis, kecil-kecil sih dan pastinya lama tuh buatnya.
    bolehlah ini nanti cek-cek ke Toko Wahab buat lihat bahan-bahan kue, kali nanti sempat dibuatin lagi kue ama Tante *upss :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sebuah plot twist ternyata tantenya yg buat wkwkwk. Semangat kak ayo di cek tokowahab nya harga murah dan jadi mudah untuk buat kue apapunn

      Delete
  9. Wah enak nih kalau dekat dengan toko wahab, saya dulu pernah jualan brownies, dan TBK jadi salah satu tempat favorit saya, suka banget saya liatin cetakan dan bahan kue :D

    ReplyDelete