LET’S READ! MEMBACA MENYENANGKAN DENGAN CERITA BERGAMBAR MENARIK YANG DAPAT MENGHIDUPKAN DONGENG

Saturday, January 9, 2021

Aplikasi Let's Read

Rumah dengan setiap individu di dalamnya merupakan sekolah pertama bagi seluruh anak sebelum mereka bisa bersosialisasi di sekolah umum maupun di depan banyak orang. Dalam hal ini orang tua merupakan guru pertama yang memberikan pendidikan dasar, pelajaran-pelajaran kecil kepada buah hatinya. Karena segala sikap dan tingkah laku serta perbuatan bahkan ucapannya menjadi teladan. Sejak kecil orang tua selalu mengajarkan banyak hal yang kerap mendidik anak supaya anak bisa bertumbuh kembang dengan baik. Salah satunya adalah mendorong setiap anaknya agar bisa dan rajin membaca. Tapi sebelum itu orang tua sudah membacakan segala sesuatunya terlebih dahulu untuk anaknya.

MEMBACA MENYENANGKAN

Seperti mendongeng misalnya. Siapa disini yang masih kecil senang dibacakan dongeng oleh orang tua nya? Dongeng apasih yang menjadi favorit kalian di masa kecil? Anyway aku mau curhat sedikit, kalau aku pribadi sih jarang ya dibacakan dongeng oleh orang tua ku saat aku kecil. Karena aku tidak tau dan orang tua akupun saat ditanya jawabannya seperti itu hahaha. Mungkin disini bukan karena mereka yang tidak mau membacakan dongeng untukku tetapi karena jumlah anak yang bisa dibilang banyak (5 anak perempuan yang jaraknya cuma 2 tahun) hehe jadi kebayang kan udah keburu repot. Padahal kayanya seru ya sebelum tidur selalu dibacakan dongeng.. eitts tapi walaupun begitu aku tidak ketinggalan loh dengan cerita-cerita dongeng hits di zaman aku kecil sebut saja si kancil, cinderella, dan lain-lain. Jadi aku tidak kecewa karena bagaimanpun juga orang tua tetap guru pertama untukku dan rumah adalah sekolah utama bagiku.

Aku tuh senang kalau melihat hubungan antara orang tua dan anak yang harmonis dan juga romantis, baik dilihat secara langsung ataupun sekedar nonton dari film. Kadang suka merasa terbawa suasana walaupun sebenernya akupun belum berkeluarga. Jadi punya anggapan saja gitu jikalau nanti aku berkeluarga aku akan seperti itu. Sah-sah saja orang tua ku jarang membacakan dongeng untukku, tapi tidak ada alasan ketika aku menjadi orang tua nanti aku selalu mau membacakan dongeng untuk anakku. Aku akan menghidupkan dongeng melalui cerita bergambar sekaligus membuat suasananya menjadi lebih tenang, karena menurutku membaca menyenangkan.

APA ITU MENDONGENG?

sumber: freepik

Seperti membaca menyenangkan, mendongeng pun seperti itu. Mendongeng sebuah keterampilan berbicara yang bukan hanya sekedar untuk berkomunikasi melainkan juga seni. Mendongeng salah satu metode yang bisa dipakai untuk menghangatkan hubungan ibu dan anak, selain itu juga bisa mengembangkan potensi anak melalui bercerita. Karena dengan mendongeng kita bisa bercerita yang berisi khayalan tetapi memiliki pesan moral di dalamnya, dengan begitu kita dapat menghidupkan berbagai cerita bergambar dengan cara yang menarik dan pastinya menyenangkan. So Lets Read!

Belum lama ini aku habis nonton film tepatnya drama yang berjudul “It’s Okay Not To Be Okay” dimana isi di dalamnya merupakan kisah nyata dari drama tersebut yang dituliskan dalam sebuah buku dongeng. Hampir di setiap episode berisi tentang dongeng-dongeng yang positif dan membangun. Pembawaannya pun bukan hanya saat membaca dongengnya saja tetapi disitu juga dikasih lihat jelas bentuk buku dongeng dan juga gambar serta isi dari dongeng tersebut. Semua isi dari dongeng yang ada di drama tersebut aku suka banget, tapi tetap diantara itu ada yang paling aku suka yaitu yang berjudul “Anak Kecil Yang Ketakutan” yang kurang lebih part favorit aku seperti ini..

Let's Read Cerita Dongeng
sumber: twitter


"jadi jangan lupakan semua (mimpi buruk) itu. Ingatlah semuanya dan atasi. Jika kamu tidak mengatasinya, kamu akan selalu menjadi anak yang jiwanya tidak pernah tumbuh"





LET’S READ CERITA BERGAMBAR MENARIK YANG MENGHIDUPKAN DONGENG

Nah kalau itu yang aku kutip barusan dari drama yang dongengnya berbentuk buku, kalau sekarang aku ada rekomendasi buku digital untuk anak yang isinya adalah dongeng-dongeng menarik yang pastinya menyenangkan jika dibaca. Selain itu mendongeng jadi jauh lebih mudah dan keren dengan Aplikasi Let’s Read.

Let’s Read merupakan perpustakaan digital sebagai teman membaca cerita karena semua koleksinya bergambar dan berwarna. Bisa dibawa kemanapun dengan satu genggaman saja dengan begitu para ibu bisa menceritakan dongeng kepada anaknya dimanapun dan kapanpun. Buat kalian yang punya anak ataupun keponakkan lebih tepatnya anak kecil yang sedang di masa pertumbuhan, Let’s Read merupakan pembelajaran yang tepat untuk anak bisa berkomunikasi sekaligus mengeluarkan imajinasi mereka setelah mendengarkan cerita dongeng. Daripada anak menghabiskan waktunya untuk bermain youtube, tiktok dan lainnya lebih baik diarahkan ke hal yang bisa membangun pertumbuhan anak lebih baik yaitu dengan mengunduh Aplikasi Let’s Read, secara gratis!. Ratusan koleksi cerita bergambar dapat dibaca, diunduh, disebarkan, dan juga diterjemahkan bebas melalui situs manapun. Oh iya ada Bahasa daerahnya juga loh..

Aplikasi Let's Read
sumber: Let's Read

Let’s Read diprakarsai oleh Books for Asia dari Asia Foundation yang bertujuan menumbuhkan para pembaca cilik di Asia. Let’s Read fokus pada Bahasa daerah dan konten lokal yang dikembangkan melalui lokakarya melalui kerja sama dengan para pakar buku anak setempat. Menghidupkan dongeng melalui cerita bergambar bersama Let’s Read membuat anak bisa lebih kreatif. Berkomunikasi melalui cerita dongeng menurutku juga hal yang tepat untuk interaksi antara ibu dan anak, karena bisa saja saat bercerita dongeng mendengerkan cerita itu paling enak jika akhirnya (ending) bahagia. Tapi sesekali dicoba untuk membuat para anak penasaran dengan akhir kisahnya, dengan begitu alam imajinasi mereka bisa menangkap pesan dan kesan.

YUK HIDUPKAN DONGENG DENGAN CARA DOWNLOAD APLIKASI LET’S READ SECARA GRATIS

Kegiatan cerita bergambar yang dapat menghidupkan dongeng merupakan hal yang menyenangkan, selain itu juga mendekatkan orang tua dan anak dan diyakini akan mampu mengembangkan karakter baik pada diri anak sejalan dengan isi cerita yang disampaikan. Hebatnya cerita bergambar yang dapat menghidupkan dongeng Bersama Let’s Read karena mendongeng memiliki fungsi yang luar biasa sebab menyisipkan pesan moral di dalam ceritanya sehingga mampu mengoptimalkan perkembangan moral anak secara utuh dan matang.

Download Aplikasi Let's Read

Soo tunggu apalagi, yuk para ibu-ibu, bapak-bapak, kakak-kakak semuanya sekalian. Download Aplikasi Let’sRead yaa! Dengan Let’s Read membaca dongeng jauh lebih mudah dan menyenangkan karena ceritanya bergambar yang mampu menghidupkan dongeng.

17 comments

  1. Wah bekal banget ya Kak meski belum jadi ibu tapi jadi punya rekomendasi aplikasi untuk membaca bareng anak. Hehe soalnya aku semasa single loss soal ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyanih kak hehe, berguna banget emang ya Let's Read ini, sudah mengedukasi sebelum jadi orangtua

      Delete
  2. jadi pengen nyobain baca nih mba, dari pada anak main games mending baca kaya gini

    ReplyDelete
  3. Inovatif banget nih aplikasi yang bisa membantu anak jadi gemar membaca, mereka pasti tertarik dan happy liat ilustrasi yg beragam

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju kann, aku pun pas baca tertarik padahal sudah tidak lagi anak-anak. Tapi pas liat aplikasinya benar benar keren dan beragam banget

      Delete
  4. bagus banget ya aplikasinya lte's read ini, ceritanya juga edukatif dan ilustrasinya juga bagus-bagus loh, anakku suka tuh baca buku disini

    ReplyDelete
  5. Selain ceritanya yang bagus-bagus, ilustrasinya pun juga menarik, ya. Bukan ilustrasi asal pastinya. Bikin ceritanya tambah asyik disimak oleh anak-anak.

    ReplyDelete
  6. Aku juga udah install ini kak dan ceritanya menarik banget. Ilustrasinya juga banget ya. Aku yang dewasa aja suka hahaha

    ReplyDelete
  7. Aku harus download aplikasi let's read ini nih.. Supaya anakku bisa terbiasa dengan kegiatan membaca, jadi nanti kalau sudah waktunya belajar membaca dia sudah siap..

    ReplyDelete
  8. Mendongeng itu penting bgt untuk perkembangan anak. Let's Read tuh bagus ya aplikasinya. Gambar2nya juga menarik.

    ReplyDelete
  9. anakku suka dibacakan dongeng, tapi suka ogah-pgahan kalau disuruh belajar baca. kayaknya kalau pakai aplikasi ini mungkin jadi tertarik baca ya..

    ReplyDelete
  10. Duku waktu kecil aku suka banget kl didongengin. Imajinasi jd berkembang banget. Setelah ada aplikasi Let's Read ini memudahkan bgt buat mendongeng krn tinggal baca aja, kadang kita kan suka stuck yah bayangin alur cerita dongeng hehehe

    ReplyDelete
  11. Anakku tuh paling senang kalau baca yang banyak gambarnya gitu, ketimbang banyak tulisan. Tapi emang jadinya lebih cepat belajar bacanya sih.

    ReplyDelete
  12. Hadirnya lets read nggak hanya menambah variasi cerita aja, tetapi juga ada ragam bahasa yang sekaligus bisa belajar bahasa lain juga

    ReplyDelete
  13. Wah, menarik banget nih aplikasinya. Aku masih suka banget baca buku anak-anak, kayaknya aku bakal seneng sama app ini

    ReplyDelete
  14. Minat membaca anak-anak zaman now itu udah mulai pudar. Mungkin karrn kebanyakan main gaddget dari buku atau membaca jadi kurang menarik. Padahal dengn membaca, kita bisa melihat isi dunia

    ReplyDelete